** Keluarga besar Retro Kursus Komputer Lampung mengucapkan "Taqabbalallahu minna wa minkum, Shiyamana wa Shiyamakum. Ja’alanallaahu Minal Aidin wal Faizin". ** Wadah curhat pecinta pendidikan dan teknologi, sharing dunia broadcast, elektronika, duta wisata dari Blog RENTALONLINE - RETRO KOMPUTER LAMPUNG - Kursus komputer di Lampung - Pusat belanja aksesoris komputer dan gadget di Lampung **




Written By RETRO CORP on Thursday, October 01, 2015 | 9:35 AM

Sobat blogger semua apa kabar? semoga ketika saya menuliskan blog ini dalam keadaan baik.. Amin...baiklah sobat kali ini saya akan menuliskan tutorial berjudul "Cara Memeriksa Kondisi dan Keadaan Hardisk Anda", karena saya banyak menerima email maupun telp bahwa rekan-rekan bloggers ternyata banyak yang tidak mengetaui kondisi hardisknya, eh tau tau tidak mau booting dan ketika di cek ternyata hardisknya mengalami kerusakan .. dan itu bisa anda antisipasi sejak dini dengan menggunakan bebrapa software yang akan kita ulas berikut ini :


1. HDD HEALTH
Dari namanya sudah terlihat bahwa software tersebut berhubungan dengan kesehatan, tapi apa sih HDD? HDD itu kepanjangan dari Hard Disk Drive.. “oooh ane tahu berarti software ini berguna untuk mengecek kesehatan pada hardisk”.. Iya benar sekali gan, software ini terdiri dari beberapa menu, sebelum masuk lebih jauh kita lihat dulu tampilan utama serta versi yang dipakai dalam tutorial ini :


Menu Utama



Versi yang digunakan

Dari tampilan yang sobat lihat semua mungkin tidak mengalami kesulitan dalam penggunaannya, karena hanya terdiri dari 3 menu utama dan 2 menu informasi. Diantaranya:

a. HardDrive : adalah menu utama yang menginformasikan mengenai suhu, kesehatan dan informasi dari hardisk yang kita gunakan, dari tampilan menu diatas sudah jelas.

b. Partition : adalah menu yang menginformasikan mengenai partisi dan kapasitas yang ada dalam hardisk, semakin merah maka space kosongnya semakin banyak


Informasi Partisi


c. System : adalah menu yang menginformasikan mengenai spesifikasi Prosesor yang anda gunakan

d. Extended Info : adalah menu yang menginformasikan secara terperinci mengenai hardisk yang kita gunakan seperti : Model, Kapasitas, Firmware, DMA, LBA, Transfter Data dan lain sebagainya ditampilkan secara jelas disana.
Menu Extra Info


e. Smart Attributes : adalah menu yang menginformasikan sekaligus mengukur kesehatan hardisk kita, SMART ini tergantung dari jenis hardisk yang digunakan karena tidak semua hardisk menampilkan sama seperti  gambar diatas, semakin baru hardisk yang digunakan, maka semakin banyak menu yang ditampilkan, dalam menu ini terdiri dari Kolom ID, Name (nama fasilitas SMART), Value (nilai yang sedang aktif), Treshold (ambang batas atau  nilai minimal), Worst (keadaan buruk)



Drive Smart Attribute


Nah para sobat saya rasa cukup yah  penjelasan diatas, sebelum saya sudahi tuorial bagian pertama ini saya sudahi, mungkin sobat semua udah ga sabar ingin memeriksa keaadaan hardisknya kali yee. Heee. Tapi jangan lupa perhatikan setingannya, caranya klik File -->Option





Yuk kita simak sama-sama video tutorialnya


Silahkan agan semua download disitus resiminya [DOWNLOAD HDD HEALTH]




Share this article :

Post a Comment

Silahkan isi komentar tentang blog ini
jangan gunakan fasilitas komentar ini untuk IKLAN !