** Keluarga besar Retro Kursus Komputer Lampung mengucapkan "Taqabbalallahu minna wa minkum, Shiyamana wa Shiyamakum. Ja’alanallaahu Minal Aidin wal Faizin". ** Wadah curhat pecinta pendidikan dan teknologi, sharing dunia broadcast, elektronika, duta wisata dari Blog RENTALONLINE - RETRO KOMPUTER LAMPUNG - Kursus komputer di Lampung - Pusat belanja aksesoris komputer dan gadget di Lampung **




Written By RETRO CORP on Monday, October 01, 2012 | 1:39 PM

Anda ingin mempunyai komputer bagus dengan fisik yang kecil dengan harga terjangkau? Anda pernah mendengar komputer terkecil didunia?  
Apakah anda membayangkan juga bagaimana :

1. Fisik
2. Kemampuan
3. Harga
4. Maintenace serta perlengkapan lainnya?

Tentu ketika kata "Terkecil" itu terdengar di telinga anda maka anda langsung membayangkan bagaimana fisiknya... yuk kita simak ulasan beritanya berikut ini :

A. RASPBERRY Pi


ketika anda sudah mengetahui komputer mini Raspberry Pi apakah anda tetap ingin membelinya? tapi jangan terburu-buru tetapi anda simak dulu FIT PC2 komputer terkecil yang terlebih dahulu ada dibanding Raspberry Pi :


The Raspberry Pi adalah single-board komputer yang berukuran seperti kartu kredit yang dikembangkan di Inggris oleh Raspberry Pi Yayasan dengan tujuan merangsang pengajaran ilmu komputer di sekolah-sekolah dasar. 

The Raspberry Pi memiliki Broadcom BCM2835 sistem pada sebuah chip (SoC), yang mencakup ARM1176JZF-S 700 MHz processor (firmware ini mencakup sejumlah "Turbo" mode sehingga pengguna dapat mencoba untuk  overclocking, hingga 1GHz, tanpa mempengaruhi garansi), VideoCore IV GPU,  dan 256 megabyte RAM . 

Ini tidak termasuk built-in hard disk atau solid-state drive , namun menggunakan kartu SD untuk booting dan penyimpanan jangka panjang. Tujuannya Foundation adalah untuk menawarkan dua versi, dengan harga sekitar 250.000 Rupiah dan 350.0000 . Yayasan mulai menerima pesanan untuk model harga yang lebih tinggi pada tanggal 29 Februari 2012


Raspberry jika di koneksikan dengan hardware (geek.com)



HARDWARE
Penjualan awal adalah dari B Model, dengan rencana untuk merilis Model A beberapa waktu kemudian. Sebuah model memiliki satu USB port dan tidak ada Ethernet controller, dan akan biaya kurang dari B Model dengan dua port USB dan 10/100 Ethernet controller.

Meskipun Model A tidak memiliki RJ45 Ethernet port, dapat terhubung ke jaringan dengan menggunakan USB-pengguna disediakan Ethernet atau Wi-Fi adapter. Ada dalam kenyataannya ada perbedaan antara model A dengan adaptor Ethernet eksternal danB model dengan satu dibangun di, karena port Ethernet dari model B sebenarnya adalah built-in USB Ethernet adapter. Seperti khas dari komputer modern, generik USB keyboard dan mouse yang kompatibel dengan Pi Raspberry. 


Mainboard Raspberry Pi (raspberrypi.org)



SOFTWARE
The Raspberry Pi menggunakan Linux kernel berbasis sistem operasi . Raspbian , Debian berbasis sistem operasi bebas dioptimalkan untuk perangkat keras Pi Raspberry, adalah sistem yang direkomendasikan saat ini, dirilis pada Juli 2012.

GPU hardware diakses melalui firmware gambar yang dimuat ke dalam GPU pada saat boot dari kartu SD-  sedangkan Linux terkait driver closed source  Aplikasi perangkat lunak menggunakan panggilan ke perpustakaan closed source run-time yang pada gilirannya panggilan driver open source di dalam kernel Linux. API dari driver kernel khusus untuk perpustakaan ini tertutup.Aplikasi video menggunakan OpenMAX , aplikasi 3D menggunakan OpenGL ES dan aplikasi 2D menggunakan OpenVG yang baik pada gilirannya menggunakan EGL . OpenMAX dan EGL menggunakan driver kernel terbuka pada gilirannya



Raspberry Pi Case (adafruit.com)


Penggunaan

Pada Januari 2012, pertanyaan tentang papan di Inggris telah diterima dari sekolah-sekolah di kedua negara dan mandiri sektor, dengan sekitar lima kali sebagai bunga banyak dari yang terakhir. Diharapkan bahwa bisnis akan mensponsori pembelian untuk sekolah yang kurang beruntung. CEO Premier Farnell mengatakan bahwa pemerintah suatu negara di Timur Tengah telah menyatakan minatnya dalam menyediakan papan untuk sekolah setiap, dalam rangka untuk meningkatkan prospek pekerjaan mereka .



B. FIT PC 2

Pada tanggal 19 Februari 2009, CompuLab mengumumkan-PC2 fit, yang merupakan "sebuah upgrade besar untuk lini produk fit-PC". 
spesifikasi rinci untuk-fit PC2 mencakup :
  1. Intel Atom Z5xx Silverthorne prosesor (1.1/1.6 / 2,0 GHz pilihan),
  2. hingga 2GB RAM ,
  3. 160GB Hard Drive SATA,
  4. LAN GigaBit dan banyak lagi. 
  5. The-fit PC2 juga mampu HD-playback. 


connector (fit-pc.com)

Semua masih berjalan hanya pada 6W.With fit-PC2 Anda menghemat 96% dari daya yang digunakan oleh sebuah desktop standar. fit-PC2 adalah daya PC yang paling efisien di Energy-Star list. The-fit PC2 didasarkan pada 500 GMA (Graphics Media Accelerator). Sayangnya driver open source termasuk dalam Linux kernel 2.6.39 tidak mendukung VA-API video atau percepatan OpenGL/3D.

Hardware

fit-PC Slim menggunakan 500 MHz AMD Geode LX800 prosesor dan memiliki 512mb disolder-on RAM. Komputer ini dilengkapi output VGA, port serial dengan konektor, Ethernet, b / g WLAN, dan 3 USB port (2 di panel depan). Sistem ini memiliki upgradeable 2,5 "60GB ATA hard drive.


perbandingan dengan asus eee-pc (roytanck.com)

Software

fit-PC Slim memiliki BIOS Software Umum mendukung PXE dan booting dari CDROM USB atau USB thumb drive. komputer kecil ini dapat berjalan dengan baik pada sistem operasi Windows 7 atau dengan Ubuntu 8.10 dan Linux Gentoo 2008.0. Juga Windows Embedded dapat digunakan, atau instalasi dengan Usb


Motherboard (soundfrond.com)


Kesimpulan

fit-PC adalah komputer berukuran mini (bahkan lebih kecil dari smartphone), untuk membeli fit pc 2 ini anda harus merogoh kocek lumayan besar, tetapi kelebihannya memiliki port usb yang lumayan banyak serta konektor hardisk sata yang dapat kita masukkan atau ganti ganti sendiri... sedangkan Raspberry Pi adalah komputer Raspbian diklaim mampu memaksimalkan perangkat Raspberry Pi. Sistem operasi tersebut dibuat berbais Debian, salah satu distribusi Linux OS. Raspbian diklaim mempu meningkatkan kinerja web browsing dan omxplayer yang merupakan video player khusus Raspberry Pi.


Sumber : 

http://en.wikipedia.org/wiki/Fit-PC
http://en.wikipedia.org/wiki/Raspberry_Pi

Share this article :

+ komentar + 2 komentar

1:18 AM, March 09, 2014

mas, jual fit-pc 2i gak?

11:07 AM, October 28, 2014

ndak mas..

Post a Comment

Silahkan isi komentar tentang blog ini
jangan gunakan fasilitas komentar ini untuk IKLAN !